TRANSLATE THIS BLOG TO YOUR LANGUAGE

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by achinlaw/Benedict Sakti
Life. Easy come Easy go

Kamis, 01 Oktober 2009

Sejarah Histori dan Kasus di Batam

hmmmmmmmm..... kalo diantara kalian pernah denger dulu pernah ada perang antar suku di batam, itu emang bener terjadi.. gue udah ngobrol ama seseorang yang udah tinggal di batam sejak taon 80'an ampe sekarang.. dia punya banyak bangt cerita..
namanya om eddy..
perlu diinget, gua bukan mau mengungkit.. cuman mengungkap sejarah..

Dia cerita, di batam ini ada 3 suku yang suka ricuh.. batak, flores ama padang..

Ada konflik antara flores dan batak, ada konflik padang ama flores, ada konflik aceh ama jawa, banyak deeee... Tapi yang paling parah itu konflik antara batak ama flores..

Menurut Om Eddy, gini loh ceritanya.. Dulu itu (sekkitar thn 90'an) ada dua orang lagi pacaran di satu komplek.. cewe ama cowo lah.. abangnya cewe ini tuh preman.. (batak).. nah, terus ada satpam di situ ngusir mereka.. satpamnya plores.. karna di usir, cowonya ga terima, berantem deh cowo ini ama satpam itu.. cowonya kalah.. akhirnya, cewenya ngadu ke abangnya... datang la preman ini ama kawan2nya.. digebug lah satpam itu.. udah sekarat, di lempar ke jembatan barelang situ.. sekarat.. kata om eddy masi ada orangnya ampe skarang.. nah... satpam ini akhirnya ngadu ama temen2nya... akhirnya datang tmennya, digebug preman itu.. udah lah.. meletup perang..

Dulu itu, orang flores suka ngerazia.. di cari orang batak di lampu mera, di gorok pake celurit.. Sepi jalanan... ngerii... terus, paling sering perang di nagoya, orang plores make celurit ama panah.. yang batak ini pake parang aja.. nah, dari pihak batak ini agak tersudut lah kan..

Baru gua denger anak buah siaapaa gitu, dari medan dikirim banyakkk (batak).. kalo sampe mereka turunnn .. habis la... cuman mereka ga di kasih turun ama orang pelabuhan...

Kebetulan ada rombongan TNI dari aceh mau pulang ke Jawa.. Mapmpir la mereka di Batam.. Sampai di Batam, mereka di suruh nyelesai'in perang batak ama plores ini... Komandannya bilang "buat perjanjian damai, gak boleh lagi ada yang perang antar suku mulai sekarang sampai kapan pun di Batam! Siapa yang berontak TEMBAK DI TEMPAT!"

udah denger kata2 tembak di tempat.. rupanya takut nih mereka ama peluru... akhirnya damaiii dehhhh......

gitu ceritanya....

Nah, next postingan gua bakal cerita soal batam lagi, tapi bukan soal perang.. soal kengeriannya sebelum abad ke 20.. huhaauhaua...

see u in next post..

36 komentar:

  1. sok jago x tuch PLORES ngajak setiap suku perang.. BODOH & MEMALUKAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang goblok tu lu... mama lu ma bapak lo... tolol

      Hapus
  2. Tidak semua cerita bener nih..
    soalnya co gw org batam n tau kisah asli nya..
    apalagi endignya...

    BalasHapus
  3. gue di batam sejak 1994, cerita awal nya bener tp ending nya ga gitu de... and yang sok jago tu bukan plores tp batak!. orang batak klo sendiri ga berani...cemen.. gue sering bngt satu kerjaan ma batak, banyak yng cari muka! dah tu,,omongan nya gede tp otak nya tumpur!

    BalasHapus
  4. yup... saya juga dapet dari orang .. gk tau asli ceritanya gimana... NO SARA .

    BalasHapus
  5. heran aku,,kok yg diatas itu sirik aja ma orang batak..ngata2in batak tumpul& cemen lg. Aduh bung, kita ini punya orang brnegara dlm kragaman suku, pantas gak anda brbicara bgtu?? klu anda pny mslah dgn org batak ngomong k orang ny lngsung jgn congor dsini ya dek ya..
    hati2 mulut kau, jgn seenak perutmu mmbuat stereotip bhwa btak sprti yg anda pkirkan. sy tidak mmbela tp sbg pnglaman sj bhw kita sring mlihat batak itu identik dengan "pekerja keras.gigih dan gak suka basa basi." tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah ..
      gak usah kepancing emosi dong ..

      UDAH GEDE KHAN !!!!!
      masa' gtu aja ke pancing sih ..
      lagian gak semua org batak keg gtu khan !!!
      klo ko gak ngerasa, knapa marah ?!?!?!

      Hapus
  6. hidup batak...

    BalasHapus
  7. satu kali hidup dan mati
    sekali batak tetep batak

    BalasHapus
  8. sekarang trjadi lagi, tanggal 18 juni 2012, perang suku trjadi. baik suku batak d suku flores, tp sbagai manusia cinta damai, aq mnt teman2 smoanya, mari kita doakn smga smoanya, lbh cpt selesai d mnuju jalan damai, mari kita cinta damai. by: ira monica, saya orng flores, sya bangga jd orng flores d saya lbh bangga lagi brteman dng suku2 lain, trutama suku batak, jd saya mohon, jdilah smonya damai, malsah trjadi, segera kita leraikan. peace.

    BalasHapus
  9. saya orng batak,klau say pilih nya damai aja..
    klau bisa brantam jngan bawa2 suku dong malu-maluin..

    BalasHapus
  10. jujurkacangijo19 Juni 2012 16.58

    damai aja lah gk usah ribut2 lagi mnding perang ama malaysia aja gua bantu...

    BalasHapus
  11. org batak bukan penjilat tp pekerja keras.dan berpendidikan tinggi.coba lihat para pengacara top rata2 org batak..

    BalasHapus
  12. he..anonim ente yg suka cari muka cuma ga laku krn otakmu goblok..org batak pekerja keras..bukan pemalas spt ente

    BalasHapus
  13. cukup lah mereka,, jangan kita perdebatkan lagi, toh kan udah damai.
    Salam Damai

    BalasHapus
  14. lasu puki kau punya mai... yang bilang orang Flores bodoh, saya bunuh kau,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flores ngentot gw cincang2 lu

      Hapus
  15. Setuju..,yg bilang flores bodoh,,kita bunuh aj,,..
    Woooi yg ngomong flores bodoh siapa th,,klo brani janjian aj kita,,1 lawn 1

    BalasHapus
  16. Emg org flores tolol!

    BalasHapus
  17. Kalo Materi postingan ente cuma denger dari orang dan kagak jelas asli apa gaknya mending gak usah diposting apalagi ini tentang isu perang suku,jelas2 SARA,tolol!! giliran yang comment udah pada brantem ente malah ngilang. kalo ane jd orang Batak ato Flores dan ketemu ente di jalan muka imut2 lo gue bikin gepeng. dasar loe Blogger kagak tau etika..

    BalasHapus
  18. yang di kirim dari medan itu,anak buah nya olo panggabean

    BalasHapus
  19. yang di kirim dari medan itu,anak buah nya olo panggabean

    BalasHapus
  20. maen maen ke sumatera oi...singgah ke berastagi liatin pemandangan yg indah..
    tp jgn ngebacot kyk komen komen diatas...
    bisa dingin nti perut ny...

    BalasHapus
  21. maen maen ke sumatera oi...singgah ke berastagi liatin pemandangan yg indah..
    tp jgn ngebacot kyk komen komen diatas...
    bisa dingin nti perut ny...

    BalasHapus
  22. Banyak kali yg gak suka dengan batak.....
    Klo Ada masalah dgn org batak ngomong...
    Jangan bnyak cerita Kau...

    BalasHapus
  23. ayo bantai orang2 Flores. bangsat tuh orang Floress jahanam masak ibu2 pedagang kopi di jakbar memeknya di masukin gagang cangkul sama si sandy, franky sama henokh. kalau gw bilang ma ayo... habisi preman flores dari muka bumi sepunah-punahnya.... monyet.... ngentotttttttt

    BalasHapus
  24. Batak kambing ,Suka cari muka ,memang kalian pekerja keras dan banyak jadi pengacara top di nusantara tapi kamu tau gak itu pengacara kerjax ,yg salah di benar-benarin yg benar di salah-salahin , batak suka cari muka

    BalasHapus
  25. Pantas aja indonesia gaak maju, kayak gini penerus bangsa???apaLah untung klen brantam dsini, setau aku, yang namanya Laki2 brantam bukan adu mulut,...inti dari atas klen Lah yang toLoL, masa sampai cakap2 kotor gara2 posting gini an, aku orang batak tinggaL ditangerang, dan dsini juga banyak flores,...damai2 aja tuch....

    BalasHapus
  26. saya sangat menyesal jadi orang batak jika menyelesaikan masalah dgn adu otot/apalagi dgn bacok2an,
    saya harap kita berkembang, kini saat nya menyelesaikan masalah dgn memutar balikkan kalimat sehingga yg bodoh bisa terjual,dan kita dapat uang, setuju gan !!! lambang orang batak adalah cicak, dimana cicak berjalan senyam,cekatan menangkap mangsa,
    ne pengalaman saya : banyak yang saya temui orang top yg saya kira sebelumnya bukan org batak padahal setelah berkenalan rupanya orang batak, merekalah yg perlu kita contoh bukan gaya preman sperti diterminal yg akhirnya diidentikkan dgn org batak,

    BalasHapus
  27. Hayoooo uda gde ga blh brantem ya, hati blh pnas tp pkiran usahakan tetap dingin

    #ayeeeee

    BalasHapus
  28. Saya selaku orang Batak cuma mengingatkan, jangan salah menilai suku apapun. Baik dari suku Batak dan suku flores, kita ini masih saudara kandung yang lahir dari Ibu Pertiwi, sebangsa setanah air. Lagipula, Zaman semodern ini kita masih saling adu otot??

    BalasHapus
  29. Wah....gara gara bloger dongok jadi pada ribut.....semua cerita sibloger dongok itu gak ada kebenarannya, ngaco, aku orang batak dan berdomisili dibatam sejak 92, jadi om eddy kau itupun dongok juga.......cuma dngar dari ibu ibu rumpi

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. damailah saya orang flores jadi cerita ini bohong

    BalasHapus
  32. putra sagu atumatan27 Mei 2014 23.28

    adonara boys was here!!

    BalasHapus

Loading...