TRANSLATE THIS BLOG TO YOUR LANGUAGE

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by achinlaw/Benedict Sakti
Life. Easy come Easy go

Senin, 14 September 2009

Perbedaan Jumlah Tulang Rusuk Laki laki dan Perempuan

Gini Loh... ini menyangkut tugas bi
ologi besok, jadi gua nyari nyari di internet...
Nah, setelah gua pikir pikir dan analisa, gua dapet satu kesimpulan dari semua sumber...
Memang dari agama kita dikatakan bahwa tulang rusuk adam (laki2) di ambil satu untuk menciptakan hawa (wanita)..
Mungkin banyak pertanyaan apakah tulang rusuk laki2 dan wanita beda jumlahnya...
Gini..
Bagi yang punya alkitab, coba buka Kejadian 2 : 21-24
21 : Lalu Tuhan Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur,
Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
22 : Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan,
lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
23 : Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku.
Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."
24 : Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
Nah kalo yang punya terjemahan lama al-Qur’an Departemen Agama surat An-Nisaa ayat 1 :
“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya .. “.
Dari kedua kutipan di atas di simpulkan bahwa tulang rusuk laki laki diambil untuk menciptakan pasangannya...
Nah, gua bukannya mau bilang bahwa itu gak benar.. gua cuman menyimpulkan itu sebagai suatu simbolis saja.. Karena kenyataannya, laki laki dan perempuan memiliki jumlah tulang rusuk yang sama yaitu 24 buah..
kalo gak percaya liat aja wikipedia.. (padahal yang bikin wikipedia itu manusia, sedangkan yang bikin manusia itu Tuhan)
Sudah di buktikan bahwa tulang rusuk pria dan wanita itu sama jumlahnya oleh Andreas Vesalius pada tahun 1543...
Nah, lalu? yang ada di kitab suci????
Ini kalo menurut gua, cuman sebagai simbolik,
wanita di ciptakan bukan dari tulang kepala agar tidak menguasai laki laki.. wanita juga tidak dicciptakan dari tulang kaki agar tidak di injak injak lelaki.. tapi wanita di ciptakan dari tulang rusuk (dekat jantung dan paru2) laki laki sebagai pendamping hidup laki laki...
UIIITTT!!! GUA BUKAN AHLI FILSUF CUY!!! itu cuman tanggapan..
Mungkin masih ada banyak makna lainnya, berhubung gua harus kerja peer buat besok, jadi mohon maaf gua males mikir makna lainnya.. hahahahah..
oke.. semoga berguna^^

11 komentar:

  1. halah sakti sakti, gaya bicaramu itu loh kayak orang dewasa aja, apalagi pas bagian tengah

    BalasHapus
  2. TULANG RUSUK
    Dalam tubuh manusia, ada 24 tulang yang panjang, ramping, dan melengkung yang melingkari rongga dada. Tulang-tulang rusuk ini tertata dalam 12 pasang dan membentuk sebuah sangkar yang melindungi jantung dan paru-paru. Darah dibuat di dalam sumsum tulang-tulang rusuk.
    Sewaktu menciptakan wanita, Allah tidak membuatnya terpisah dan berbeda dari pria dengan membentuknya dari debu tanah, sebagaimana yang Ia lakukan sewaktu menciptakan Adam. Ia mengambil salah satu tulang rusuk Adam, dan dari tulang itu Ia membangun bagi Adam seorang mitra yang sempurna, wanita Hawa. (Kej 2:21, 22) Meskipun demikian, Adam tetap seorang pria yang sempurna, yang kini dipersatukan dengan istrinya sebagai ’tulang dari tulang dan daging dari daging’. (Kej 2:23; Ul 32:4) Hal ini juga tidak mengganggu reproduksi sel-sel Adam sehingga mempengaruhi struktur tulang rusuk anak-anaknya, laki-laki atau perempuan. Baik pria maupun wanita mempunyai 24 tulang rusuk.
    Menarik untuk diperhatikan bahwa sebuah tulang rusuk yang disingkirkan akan tumbuh lagi dan mengganti diri, selama periosteum (selaput jaringan ikat pembalut tulang) dibiarkan tetap ada. Catatan tersebut tidak menyatakan apakah Allah Yehuwa mengikuti prosedur ini atau tidak; akan tetapi, sebagai Pencipta manusia, Allah tentu tahu sifat yang luar biasa ini dari tulang rusuk.

    BalasHapus
  3. sederhana saja menurutku seperti tikus yang kita potong ekornya lalu mempunyai keturunan...
    apakah keturunanY ekornya hilang semua...?
    ya tidaklah...
    mungkin sperti itu jga manusia..

    BalasHapus
  4. Yoi, diambil dari tulang rusuk pria. Yg hilang itu tulang penis pria. :) jd bener sekali kok yg ditulis di alkitab itu Kej2:21

    G coba cari info di web (wiki), mmg mamalia spt manusia yg gak ada tulang penisnya.

    Jd bukti diambil tulang rusuknya apa yah? Jawabannya itu perhatiin belahan testis laki2 ada bekas operasinya (bekas tambalan) :)

    Semoga ada yg sependapat.

    BalasHapus
  5. laki laki sebagai pendamping laki laki..?

    BalasHapus
  6. "Apa yang dicari laki-laki dari seorang wanita???"
    lalu ada salah satu comment yang menjawab...
    "tulang rusuk yg dibawa kabur sma si wanita"

    hahaha ngakak banget lah baca tuh komen...
    Tapi, setelah dipikir-pikir...ada benernya juga ya...

    Di dalam Hadist disebutkan bahwa Wanita itu tumbuh dari tulang rusuk seorang lelaki... ya kalo diartikan secara harfiah bener kalo orang bilang tulang rusuk nya cowok dibawa kabur ma yang cewek...
    Sempet kepikiran juga...jumlah nya berapa ya? beda apa sama ya?
    Jangan-jangan karena dibawa kabur, tulang rusuk nya selisih satu lebih sedikit daripada cewek...haha

    Setelah menggogling sana-sini...aku mendapatkan jawaban...semoga benar dan membantu... :)


    Dalam hadist shahih disebutkan:
    " Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.“(HR. Al-Bukhori no 3331 dan Muslim no. 3632)

    Al-Imam An-Nawawi rahimahumallah berkata, dalam hadist ini ada dalil dari ucapan fuqaha dan sebagian mereka bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam. Allah berfirman: "...yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya..., dan Rasulullah menerangkan dalam hadist diatas bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk. Hadist ini menunjukkan keharusan berlaku lembut kepada wanita, bersikap baik pada mereka, dan bersabar atas mereka." (Al-Minhaj, 9/299).

    Sedangkan secara medis, dari struktur anatomi tulang rusuk, jumlah iganya antara laki-laki dan wanita sama; 7 iga sejati, 3 iga semu, 2 iga melayang, sehingga jumlah totalnya 12. Tulang rusuk berbentuk panjang agak pipih dan kedua ujung tulangnya merupakan tulang rawan, mungkin karena sifatnya, maka mudah patah bila dibengkokkan. Penjelasan secara medis ini menunjukkan bahwa antara laki-laki dan wanita mempunyai struktur dan jumlah tulang rusuk yang sama, dan karena pada bagian ujungnya berupa tulang rawan maka mudah sekali patah apabila dibengkokkan (sesuai dengan hadist diatas).

    Jadi...kesimpulannya....
    Jumlah tulang rusuk pria dan wanita adalah SAMA.
    question answered...hahaha
    sumber : http://intandzikria.blogspot.com/2012/10/jumlah-tulang-rusuk-pria-dan-wanita.html

    BalasHapus
  7. intinya, masalah agama kalau mau belajar harus ada gurunya langsung, gak cukup hanya baca saja, karna bisa fatal

    BalasHapus
  8. Dapat saya pastikan Tulang rusuk semua pria sama jumlahnya dengan rusuk wanita. Alkitab tidak salah dan tak akan pernah salah....Hanya Adam pria dengan jumlah rusuk berbeda....Sebab saat dia diambil tulang rusuknya...itu samasekali tidak mengubah GEN...atau Sperma yang ditubuhnya....jadi anak Adam dan selanjutnya tetap memiliki rusuk yang GENAP alias sama dengan wanita....gitu lohhhhh....

    BalasHapus
  9. Dapat saya pastikan Tulang rusuk semua pria sama jumlahnya dengan rusuk wanita. Alkitab tidak salah dan tak akan pernah salah....Hanya Adam pria dengan jumlah rusuk berbeda....Sebab saat dia diambil tulang rusuknya...itu samasekali tidak mengubah GEN...atau Sperma yang ditubuhnya....jadi anak Adam dan selanjutnya tetap memiliki rusuk yang GENAP alias sama dengan wanita....gitu lohhhhh....

    BalasHapus
  10. Kebnyakan curhat yg komen padahal iq nya aja d bawah rata2

    BalasHapus

Loading...